Thursday, August 2, 2012

RPP Kelas 7 semester 2 ( listening 3)

Nama Sekolah                 :    MTS HASYIM ASY’ARI
Mata Pelajaran                :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     VII / 2
Alokasi Waktu                 :     2 x 40 menit ( 2 x pertemuan )

A.     Standar Kompetensi
         Mendengarkan
8.               Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B.     Kompetensi Dasar
8.2             Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam text.
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
· Merespon informasi dalam text lisan monolog berbentuk deskriptif dan prosedur.                       
                                                                              
Ketelitian, taat peraturan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
                                                            Ketulusan ( Honesty )
D.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran :
·      Siswa dapat Merespon informasi dalam text lisan monolog berbentuk deskriptif dan prosedur sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
·      Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam Merespon informasi dalam text lisan monolog berbentuk deskriptif dan prosedur sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
E.     Materi Pokok
   Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangt sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Menyatakan Descriptive. 
My Cat
I have cat. Its name is “Si Manis.”
It has black and white fur. It has four legs and long tail.
It likes fish, salty fish and milk.
It usually meows when it feels hungry.

Class VII D MTs Hasyim Ash’ari
Class VII D MTs Hasyim Ash’ari is located in second floors.
Its Male’s students are good-looking.
Its female’s students are lovelies.
Its name guardian of class is Dra.Anik Zulaikha.
Its condition is comfortable, peace, and peaceful.
It’s very clean.
Its have two blackboard, one cupboard, three broom, four rib, picket list, lesson list. 
F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
         Quantum Teaching
G.     Skenario Pembelajaran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
§  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§  Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
§  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari.
§  Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi cara Merespon informasi dalam text lisan monolog berbentuk deskriptif dan prosedur sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara Merespon informasi dalam text lisan monolog berbentuk deskriptif dan prosedur sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Lks/Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai cara merespon Merespon informasi dalam text lisan monolog berbentuk deskriptif sangat sederhan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
§   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
·         Membiasakan siswa membuat cara menyatakan cara Merespon informasi dalam text lisan monolog berbentuk deskriptif dan prosedur sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
·         Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Kegiatan Akhir (10’)
·         Siswa diminta membuat rangkuman dari materi cara Merespon informasi dalam text lisan monolog berbentuk deskriptif dan prosedur sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi.
H.     Sumber/Bahan/Alat
§  LKS : pengayaan Bahasa inggris , Media Karima
§  descriptive/example-of-a-description-paragraph-a106769.htm
§  Buku
I              Evaluasi.
            I am fourteen years old, rather tall and I have black eyes and short black hair. I live in Malang city.  I always wear sport clothes at the leisure time. During my spare time, I like playing volleyball which I play at least three times a week. I also love listening to west music and I must admit that I spend a lot of money on buying new CDs! I dislike chocolate because chocolate will make my toothache.
Answer these questions below.
1.      How old is the writer?
2.      What does the writer like?
3.      What kind of clothes does the writer wear?
4.      Where does the writer live?
5.      Why do you dislike chocolate?
Borobudur was built in the ninth century under Sailendra dynasty of ancient Mataram kingdom. Borobudur is located in Magelang, Central Java, Indonesia. Borobudur is well-known all over the world. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 m high and consists of eight steps like stone terrace. The first five terraces are square and surrounded by walls adorned with Buddhist sculpture in bas-relief. The upper three are circular. Each of them is with a circle of bell shape-stupa. The entire edifice is crowned by a large stupa at the centre at the centre of the top circle. The way to the summit extends through some 4.8 km of passage and stairways. The design of Borobudur which symbolizes the structure of universe influences temples at Angkor, Cambodia. Borobudur temple which is rededicated as an Indonesian monument in 1983 is a valuable treasure for Indonesian people.
Answer these questions below.
1.       What does the text describe?
2.      When was the Borobudur temple built?
3.      Where is location Borobudur?
4.      Who is architect Borobudur?
5.       How many steps does Borobudur temple have?
J. Pedoman Penilaian.
Ø  Tiap jawaban benar skor untuk point Skor 10
Ø  Nilai maksimal : 100 
            Kriteria penilaian :
            00-40   =E
            40-55   =D
            55-70   =C
            70-85   =B
            85-100=A
            Keterangan :
            A=Baik Sekali             B=Baik            C=Cukup        D=Kurang       E=Buruk

No comments:

Post a Comment