Thursday, August 2, 2012

RPP Kelas 8 semester 2 ( writing 1 )

Nama Sekolah                 :    SMP Islam Pakis
Mata Pelajaran                :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     VIII / 2
Alokasi Waktu                 :     2 x 40 menit ( 2 x pertemuan )

A.     Standar Kompetensi
         Menulis
11.  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan.

B.      Kompetensi Dasar
11.2 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
·         Menulis dalam bahasa Inggris dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan.
                                                                              
Ketelitian, Taat Peraturan

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
D.      Tujuan Pembelajaran
Pada Akhir Pelajaran Siswa Dapat :
Menulis dalam bahasa Inggris dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan.

E.     Materi Pokok
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan.

Menyatakan descriptive ( topic flora dan fauna )
My Cat
I have cat. Its name is “Si Manis.”
It has black and white fur. It has four legs and long tail.
It likes fish, salty fish and milk.
It usually meows when it feels hungry.

F.      Metode Pembelajaran:
         Metode K-W-L

G.     Skenario Pembelajaran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
a. Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa.
b. menanyakan apa yang sudah di ketahui tetang hari ini.
c. menanyakan apa yang ingin di ketahui pada hari ini.
d. menanyakan apa yang ingin di pelajari pada hari ini.
e. Membagi peserta didik pada beberapa kelompok.
e. Menjelaskan metode:
ü  Menyiapkan kertas.
ü  Membuat tiga kolom pada kertas
ü  menulis label K pada kolom pertama, label W pada kolom kedua, label L pada kolom ketiga.
Kegiatan Inti (60’)
a. Menuliskan flora dan fauna pada kolom K untuk di buat sebuah topic. ( 10 menit).
b. Mengintruksikan untuk berbagi wawasan mengenai topic.( 20 menit )
b. Menuliskan apa yang ingin di ketahui tetang topic pada kolom W.
c. Menuliskan semua informasi yang di dapat mengenai topic pada kolom W.
d. Menyusun menjadi kalimat per kalimat apa yang sudah di dapat sebelumnya pada kolom L.  ( 20 menit )
Kegiatan Akhir (10’)
·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
·         Menyimpulkan Materi Pembelajaran.

H.     Sumber/Bahan/Alat
§  LKS : pengayaan Bahasa inggris , Media Karima
§  Buku

I. Evaluasi
a. write down in your note book!
1) Elephant
2) Giraffe
4) Crocodile
5) Cheetah
6) Sun flower
7) raflesia
8) Coconut
9) Cucumber
10) Lotus
b. Chose one Then write down above flora and fauna!
Example:
GIRAFFE
Yesterday, I and my friends went to the zoo. We saw many kinds of animals, such as rhinoceroes, crocodile, elephant, and giraffe. The giraffe is a wonderful animal. It has long neck. It’s may be 3 metres. It’s the top of leaves. It’s colour brown and white.

J. Pedoman Penilaian.                                                         
No.
Element
Score
 1
Content
20
2
Organization
20
3
Grammar 
20
4
Vocabulary
20
5
Mechanic
20
Total/Remark 
100
Interval
Range
Category
<41
E
Very Poor
41-55
D
Poor
56-70
C
Sufficient
71-85
B
Good
86-100
A
Very Good

No comments:

Post a Comment